Share

Mobil Ramah Lingkungan yang Funky

Prasetyo Adhi, Okezone · Senin 04 Oktober 2010 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 04 52 378746 fhi9tEsCsT.jpg Foto: Autoevolution

PARIS- Kesan serius dan full teknologi tinggi yang datang dari sebuah mobil hybrid dipatahkan oleh kemunculan Jazz hybrid.

Hatchback Honda tersebut hadir dengan konsep lebih funky khas kaula muda namun tetap bisa menjadi kendaraan yang ramah lingkungan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Honda Jazz mungkin memang ditakdirkan bagi pada kaum muda urban maupun mereka yang berjiwa muda. Sejak kemunculan perdananya di dunia yang juga memakai nama lain Honda Fit, mobil ini langsung menyedot perhatian para kaum muda.

Kini Honda coba mengikuti perkembangan dunia akan tren mobil ramah lingkungan dengan resmi meluncurkan Jazz hybrid saat berlangsungnya gelaran Paris Motor Show 2010 di Perancis.

Secara estetika, bagian luar Jazz hybrid masih tak jauh berbeda dibanding All New Jazz. Namun kelir green lime metallic yang memang cuma satu pilihan warna membuat mobil ini pasti menjadi begitu mencolok kala digunakan di jalan-jalan raya.

Perbedaan dibanding All New Jazz hanya terletak apa desain headlamp yang kini menggunakan surround berwana bitu, lampu belakang dengan mika putih, grill depan yang baru, serta bumper depan dan tailgate berkelir krom yang direvisi.

Munkin Honda sudah cukup puas dengan penampilan Jazz dan tak ingin kehilangan konsumen khususnya dari golongan kaula muda. Karenanya Jazz hybrid sengaja dibiarkan tampil bak All New Jazz biasa tanpa rombakan ekstrim yang membuat mobil malah menjadi mirip "pesawat alien" sepeti yang terjadi pada beberapa produsen mobil lainnya.

Urusan sumber tenaga, Honda punya satu senjata baru yang disematkan pada Jazz hybrid ini. Apalagi kalau bukan IMA. Teknologi tersebut merupakan sistem hybrid yang sama yang digunakan pada Insight serta CR-Z. Dua mobil hybrid lainnya besutan Honda.

Dikombinasikan dengan mesin 1.3 liter i-VTEC serta gearbox bersistem CVT, Jazz hybrid mampu mengasilkan konsumsi bahan bakar 4,4 liter untuk menempuh jarak 100 km, dengan emisi gas buang CO2 sebesar 104 g/km.

Sejumlah informasi juga menyebutkan Jazz hybrid ini dapat berjalan dengan modus full elektrik pada kecepatan tertentu dengan jarak tempuh tertentu pula.

Bermodal kelir eksterior eye catching namun tetap mempertahankan model khas All New Jazz serta mesin hybrid yang merupakan gabungan mesin konvensional dan motor listrik, benar-benar membuat Jazz hybrid merupakan mobil ramah lingkungan yang funky.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini