Share

Uap Bensin Masuk ke Kabin

Jum'at 01 Oktober 2010 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 01 286 378140

Pertanyaan:

Mobil saya Mazda Lantis 323 tahun 1998. Kenapa kalau mobil dibawa pada kecepatan tinggi, uap bensin masuk kedalam kabin? Padahal karet-karet pada mobil masih dalam keadaan baik. Apakah ini karena pengaruh memakai knalpot racing?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terima kasih

Andrei, Bekasi, Jawa Barat

Jawaban:

Masuknya uap bensin ke dalam kabin mengindikasikan adanya kebocoran baik di sistem bahan bakar maupun kabin. Walau dilihat kasat mata karet-karet masih baik, terkadang karet yang sudah berumur dapat kehilangan sifat kenyalnya dan menjadi keras. Alhasil kerapatannya berkurang dan uap bensin yang berasal dari lubang napas saluran bensin pun merasuk ke kabin.

Untuk mengetahui secara persis di mana bagian kabin yang bocor, caranya sedikit merepotkan tapi bisa dilakukan sendiri. Lepaslah karpet mobil di bawah dan parkir mobil di tempat gelap gulita. Sinari bagian bawah mobil dengan lampu atau senter, dan kebocoran akan terdeteksi dengan masuknya sinar lewat bagian yang bocor.

Sedangkan mengenai kemungkinan bau bensin berasal dari knalpot racing, kemungkinannya kecil. Bau bensin baru keluar dari knalpot bila setelan campuran bensinnya dibuat sangat kaya, sehingga bensin tak terbakar sempurna dan keluar lewat knalpot. Tapi mengingat mobil Anda sudah menggunakan teknologi injeksi bahan bakar, rasanya kecil kemungkinan ini terjadi.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini