Share

AC Nyala Kok Aki Langsung Mati

Rabu 29 September 2010 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 29 286 377187

Pertanyaan:

Mobil saya Suzuki Forsa, semenjak AC-nya saya perbaiki tiap jalan tak berapa lama tiba-tiba mesin mati sendiri dan air ACCU langsung habis serta tidak ada strumnya. padahal ACCUdan dinamo amper ketika saya cek ke bengkel juga bagus. Kira-kira ada apa dengan mobil saya?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Aera Ishiko

Tulungagung, Jawa Timur

Jawaban:

Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara AC dan habisnya aki. Penyebab aki habis secara umum ada 2. Pertama, banyaknya pengisian listrik dari alternator lebih sedikit dibanding arus listrik yang mesti dikeluarkan aki. Kondisi ini bisa terjadi semisal kondisi alternator sudah jelek, terjadi slip pada belt pemutar alternator, kapasitas pengisian alternator terlalu kecil, modifikasi tambahan yang menyebabkan kebutuhan listrik bertambah, atau terjadi korslet listrik. Untuk mengatasinya, pastikan seluruh komponen kelistrikan di mobil (termasuk lampu, audio, regulator fan AC, kipas elektrik dll) dalam keadaan seperti standar pabrik. Selain itu pastikan juga semua sekering sesuai spek pabrik, untuk menghindari terjadinya hubungan pendek terus menerus.

Namun ada juga kemungkinan kedua, yakni kualitas akinya yang memang tidak bagus. Ini bisa terjadi bila Anda menjadi korban aki palsu. Bila ini yang terjadi, pastikan keaslian aki Anda dengan membeli merek terpercaya di bengkel besar yang memberi jaminan terhadap kondisi aki tersebut.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini