Share

Kawasaki ER-6N Rakitan Lokal Meluncur Awal 2011

Prasetyo Adhi, Okezone · Rabu 12 Mei 2010 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 12 53 332018 WNUOZdljIb.jpg (foto: prasetyo/okezone.com)

JAKARTA- Selain Ninja 600, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) rupanya juga bersiap untuk menghadirkan Kawasaki ER-6N naked bike.

Bahkan agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Kawasaki ini mempertimbangkan untuk bsia merakit ER-6N di Tanah Air.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal itu diungkapkan National Sales Manager KMI Freddy Basuki kepada okezone. "Mudah-mudahan yang versi CKD (Compelety Knock Down) bisa diluncurkan awal tahun depan," tegasnya.

Saat ini, ujar Freddy, pihak KMI sedang menghitung-hitung besarnya pajak barang mewah yang nantinya akan dibebankan terhadap motor jenis naked bike tersebut.

"Kalau pajaknya bisa bersahabat, harganya bisa Rp100 jutaan, tapi kalau naik lagi, saya tidak tahu deh," kekehnya.

Sebelumnya, Kawasaki ER-6N juga pernah dimunculkan KMI di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009.

Kawasaki ER-6N dibekali mesin 649 cc 4 tak liquid cooled DOHC. Dengan menggunakan 6 tingkat kecepatan, motor ini sanggup menghasilkan torsi maksimum sebesar 48,5 lb-ft pada putaran mesin 7.000 rpm.

Bentuknya yang naked bike memang cocok bila ia dibesut di jalan-jalan perkotaan, mengingat dimensinya yang tak sebesar motor sport full fairing.

Demi menjaga stabilitas pengendaraan, Kawasaki ER-6N dibekali suspensi 41 mm hydraulic telescopic fork didepan, dan single offset laydown shock dengan adjustable spring preload pada roda belakang.

Si karet bundar berukuran 120/70-17 dan 160/60-17 disandingkan dengan rem cakram ganda 300 mm 2 piston caliper serta singel disk 220 mm with hydraulic caliper. Hasilnya? motor diklaim mantap melekat di permukaan aspal.

Freddy mengungkapkan di Amerika Serikat (AS) sendiri, motor ini memiliki 3 saudara kandung yang disebut Three Brothers. Yakni Kawasaki Ninja 600, Kawasaki ER-6n Naked Bike, dan Kawasaki 650 Z.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini