Share

Puluhan Komunitas Roda Dua Diskusi Safety Riding

Prasetyo Adhi, Okezone · Senin 08 Maret 2010 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 08 199 310145 esz48ZB7qG.jpg (foto: prasetyo/okezone.com)

JAKARTA- Makin maraknya angka kecelakaan lalu lintas terutama sepeda motor tak henti-hentinya mendasarai beberapa komunitas roda dua untuk menggelar diskusi safety riding.

Seperti yang dilakukan pada Independent Bikers Club (IBC). Dengan menggandeng komunitas Road Safety Assosiation (RSA), komunitas yang terdiri dari para jurnalis itu menggelar diskusi panel dengan para bikers bertajuk "Bersahabat, Santun di Jalan".

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut data IBC, sepanjang 17 tahun terakhir sudah lebih dari 218.000 jiwa tewas sia-sia di jalan akibat kecelakaan.

”Dari diskusi ini kami berharap bisa memunculkan masukan kepada pemerintah untuk menyerap aspirasi bikers. Tujuannya agar peraturan yang dibuat pemerintah terkait lalu lintas jalan bisa implementatif,” ujar Ketua IBC Edo Rusyanto ketika ditemui di Hotel Twin Plaza, Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, klub atau komunitas pengguna sepeda motor bisa memegang peran penting menyebarluaskan kesadaran bersepeda motor yang aman, nyaman, dan selamat. Caranya, lanjut dia, bisa melalui pelatihan internal, diskusi informal, hingga penjatuhan sanksi moral bagi anggota klub atau komunitas yang tidak menaati aturan lalu lintas jalan.

"Faktor pendukung penyebaran safety riding di dalam klub di antaranya adalah solidaritas yang kuat dan respek tinggi sesama pengguna sepeda motor,” ujarnya di sela diskusi yang didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan Wahana sebagai diler resmi sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Road Safety Assoiciation (RSA).menekankan pentingnya kesadaran dari dalam diri bikers untuk mentaati aturan lalu lintas jalan sebagai salah satu upaya mengurangi kecelakaan di jalan.

”Kami dari RSA menempatkan rules atau ketaatan aturan sebagai prioritas, setelah itu perilaku dan keahlian berkendara,” katanya Rio.

Mantan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub itu juga menegaskan, PP tersebut diharapkan rampung sebelum Juni 2010. PP untuk UU No 22/2009 menjadi vital sebagai kelengkapan peraturan guna menegakkan kedisiplinan masyarakat pengguna jalan.

Klub atau komunitas yang hadir di acara ini antar lain, Honda Tiger Mailing List (HTML), Honda Supra Jakarta (HSJ), MX Rider Community, Prides, Thunder Riders Community 125, Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI), Yamaha Jupiter Owner Community (YJOC), Megelli Independent Group (MIG), Mailing List Yamaha Scorpio (Milys), dan TVS Motor Community (TMC).

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini