Share

Beda Hyundai H1 CKD dan CBU

Prasetyo Adhi, Okezone · Sabtu 13 Februari 2010 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2010 02 13 52 303257 yeDTPXbeGT.jpg (foto: prasetyo/okezone.com)

JAKARTA - PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) telah resmi meluncurkan H1 versi rakitan lokal (Completely Knock Down/CKD) Lantas apa bedanya MPV premium Korea itu dengan versi CBU (Completely Built Up)-nya?

Vice President HMi Erwin Djajadiputra menuturkan, baik Hyundai H1 tipe Elegance maupun XG yang dirakit di dalam negeri memiliki perbedaan dengan yang diimpor utuh dari Korea.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Misalnya saja tampak pada bagian luar. H1 tidak lagi menggunakan two tone color eksterior, melainkan hanya satu warna saja. Selain itu desain pelek juga berbeda dibanding H1 veris CBU. "Lebih mengikuti selera pasar di Indonesia," katanya disela acara Hyundai Media Gathering 2010, di Pendopo Kemang, Jakarta, Jumat (12/2/2010).

Selain itu, khusus untuk tipe XG, dibagian belakang HMI menambahkan rear spoiler yang telah dilengkapi stop lamp. Penambahan ini identik d ngan MPV lain yang juga beredar di Indonesia, seperti Toyota Kijang Innova, Honda Freed, Nissan Serena, atau bahkan Toyota Alphard.

Disamping rear spoiler with stoplamp, ada juga penambahan wiper pada kaca belakang. Erwin menuturkan, aksesoris ini sebelumnya tidak ada, karena di Eropa tidak menerapkan sistem wiper belakang. "Mungkin karena di Eropa jarang hujan," candanya.

Beranjak ke dalam kabin, interior Hyundai H1 telah dilengkapi headunit 2DIN. Khusus varian XG, headunit tersebut telah dilengkapi GPS dan juga ada tambahan monitor lain berukuran 10 inci yang diletakkan dilangit-langit jok baris kedua. Cukup membantu sebagai piranti hiburan seluruh penumpang H1.

Dengan beberapa penambahan tersbeut, kata Erwin, maka konsumen bukan saja mendapatkan harga H1 yang lebih murah tapi juga fiturnya bertambah. "Gak kalah kan sama bikinan Korea," kekeh dia.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini