Cara Bikers Vespa Rekrut Anggota Baru

Senin, 04 Januari 2010 14:21 wib | RCTI - RCTI

Foto: RCTI Foto: RCTI YOGYAKARTA - Anggapan bahwa komunitas bikers selalu cenderung pada aksi anarkis ditepis oleh Vespa Mataram Sekuter Club (MSC) Yogyakarta.

MSC punya ritual yang unik dalam merekrut calon anggota barunya. Para calon anggota baru ini harus rela merayap di bawah Vespa sambil diguyur oli keseluruh tubuh. Namun sebelum mandi oli, mereka harus terlebih dahulu menggelar sungkeman terhadap sesepuh dan ketua klub.

Menurut Ketua Harian MSC Yogyakarta Wiwid Bayu, kegiatan ini merupakan bentuk keakraban antara calon anggota dengan para anggota klub Vespa. "Tujuannya untuk keakraban, terus untuk saling mencintai sesama anggota, untuk mempererat persaudaraannya," ujar Wiwid.

Selain melakukan mandi oli, para calon anggota baru juga harus saling bersuap-suapan saat makan. Mereka juga harus mengikuti lomba mendorong Vespa dengan kondisi mesin mati.

Salah satu calon anggota baru merasa senang dengan kegiatan seperti ini karena dapat menambah keakraban dibandingkan perpeloncoan dengan kekerasan yang sering dilakukan genk motor lain.

"Saya merasa bangga karena saya sebagai anggota baru saya dilantik seperti ini untuk mental kita sendiri dan untuk jaga-jaga kalau nanti di jalan ada apa fisik saya sudah terisi," cetus Agus, calon anggota MSC.

Perpeloncoan ini kemudian diakhiri dengan mandi bersama di objek wisata Bendungan Ancol. Perpeloncoan model ini dapat memberi contoh pada klub motor lain untuk tidak berbuat kekerasan saat menerima anggota baru. (RCTI/RCTI/uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »