Share

Bikers Juga Punya Kostum Wajib

Prasetyo Adhi, Okezone · Jum'at 23 Oktober 2009 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2009 10 23 87 268629 brgrqKnVOG.jpg (Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA - Bagi pengendara sepeda motor jangan asal menggunakan sembarang pakaian sebab ternyata bikers pun punya kostum khusus.

"Mulai dari sepatu, celana, jaket, helm, sampai sarung tangan harus diperhatikan," tutur Ketua Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Toni Purnomo ketika ditemui di Jakarta belum lama ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk sepatu misalnya, dia mengingatkan sebaiknya pilih sepatu berhak agar pas dengan dudukan footstep pada motor. Hal ini guna menghindari tapak sepatu selip atau licin ketika bersentuhan dengan permukaan footstep motor yang umumnya terbuat dari karet.

Selain itu sebisa mungkin pilih sepatu yang menutupi sampai mata kaki. Alasannya, ketika terjadi kecelakaan, maka tulang mata kaki akan terlindungi oleh sepatu tersebut.

Kemudian instruktur safety riding diler resmi Honda untuk Jakarta-Tangerang ini juga menyarankan agar bikers memilih celana panjang dibanding celana pendek. Selain menghindari terik matahari, celana panjang juga mampu melindungi kulit kaki ketika seandainya bikers terjatuh dari motor.

Ketika mengendarai motor, katanya, pilihlah jaket yang nyaman dan pas di tubuh Anda. "Pilih yang bodyfit, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar," ujarnya. Perhatikan pula bagain pergelangannya. Pilih jaket yang mengecil dibagian pergelangan tangan. Selain itu usahakan jaket berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain ketika bikers menunggang sepeda motor di malam hari.

Helm. Bagian terpenting pelindung kapala ini juga mesti diperhatikan. Pilih helm yang menutupi kepala secara penuh dan helm harus memiliki kaca. Selain melindungi dari debu dan hembusan angin dari depan, helm yang menutupi kepala keseluruhan ini lebih mamapu melindungi dari benturan yang mungkin terjadi.

Terakhir, jangan lupakan sarung tangan. "Bagian ini sering luput perhatian padahal menfaatnya sangat besar," kata Toni. Dengan sarung tangan maka pegangan pada setang motor akan lebih nyaman meski bikers harus menempuh perjalanan jauh.

Namun perlu diingat, kata dia, pilih sarung tanagan yang menutupi hingga ujung jari-jari. Jangan yang terpotong di bagian pertengahan jari.

Apabila semua kostum wajib bikers ini diterapkan, maka dia menjamin perjalanan menggunakan sepeda motor akan lebih nyaman dan aman.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini