Share

Honda Vario techno, Desain Agresif Fitur Berlimpah

Prasetyo Adhi, Okezone · Jum'at 24 Juli 2009 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2009 07 24 53 241666 6z7KDHkfmo.jpg (foto: Prasetyo/okezone).

JAKARTA - Setelah lama menanti, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pemegang merek motor Honda meluncurkan Vario terbaru yang diberi nama Techno.

Lantas seberapa hebat Vario Techno ini dibandingkan Vario 'biasa' hingga harga yang ditawarkan cukup tinggi, yakni Rp15,5 juta? Yuk kita intip lebih dekat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bicara desain, Honda Vario Techno berbeda dengan Vario 'biasa'. Vario Techno tampil lebih menyiku di hampir semua bagian. Misalnya saja body, lampu depan yang mengadopsi mata elang, stop lamp, bahkan hingga ke bagian cober setang. Desain berkarakter kuat ini tentu menjadi nilai tambah bagi Honda, mengingat kompetitornya cenderung tampil membulat.

Lantas bagaimana dengan fitur-fiturnya? Ini yang membuat Vario Techno berbeda dari skuter matik (skutik) lainnya.

Honda mengadopsi sistem pengereman combi brake. Dengan sistem ini ketika tuas rem ditarik maka kedua roda baik depan maupun belakang akan mendapatkan jatah pengereman yang tepat. Tujuannya tentu untuk meningkatkan keselamatan pengendara motor itu sendiri.

Sistem combi brake ini menemani fitur pengaman Vario lainnya seperti parking brake lock, yakni sebuah sistem yang berfungsi seperti rem tangan untuk menghindari motor loncat ketika mesinnya dihidupkan atau membantu saat parkir maupun berhenti di tanjakan agar motor tidak mundur.

Ada juga sistem side stand switch, yakni kondisi dimana mesin tidak akan bsia dihidupkan bial standar motor samping masih pada posisi diturunkan.

Urusan mesin, Vario Techno dibekali mesin 110 cc 4 tak SOHC liquid cooled yang mampu menghasilkan tenaga 8,99 PS. Mesin ini dilengkapi pula dengan sistem sirkulasi sisa pembakaran SASS dan CECS, sehingga emis gas buang motor diklaim tetap memenuhi standar EURO 2.

Dengan sederet 'amunisi' baru itu, AHM yakin Vario Techno akan mampu menemani sukses Vario dan BeAT yang selama ini sudah terbukti.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini