Share

Tips Pengendara Motor Bonceng Anak-Anak

Prasetyo Adhi, Okezone · Jum'at 26 Juni 2009 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2009 06 26 87 233137 H6t3Xrkdwz.jpg (foto: dok Helmiat).

JAKARTA - Meningkatnya jumlah pengendara motor yang mengikut sertakan anak-anaknya harus sejalan dengan kesadaran akan keselamatan berkendara. Terkadang pengguna sepeda motor kurang memperhatikan saat membonceng anak selama perjalanan.

Berikut tips dari Departemen Perhubungan Republik Indonesia ketika membonceng anak agar selamat dan nyaman sepanjang perjalanan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pertama, usahakan tidak membawa anak lebih dari satu. Sebab idealnya sepeda motor hanya dapat dimuati oleh dua orang, pengemudi dan pembonceng.

Kedua, sebisa mungkin anak harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footstep dengan sempurna. Kemudian tangan anak berpegangan pada pinggang atau perut pengendara dengan kuat.

Jika kaki anak Anda belum bisa mencapai footstep, anak dapat didudukkan di depan dengan motor tipe bebek, sehingga kaki anak dapat menjejak. Pada posisi ini, sebaiknya anak Anda berpegangan pada stang bagian dalam sehingga tidak mengganggu gas, grip atau sistem kemudi.

Ketiga, lengkapi anak dengan peralatan keselamatan berkendara, seperti helm fullface atau open face yang pas dengan ukuran kepalanya, kacamata, jaket, masker untuk pernafasan, celana panjang, dan sepatu.

Bila semua telah dipersiapkan, langkah terakhir yakni berkendaralah dengan aman, patuhi seluruh rambu lalulintas yang ada, agar Anda dan si buah hati selamat sampai tujuan.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini