Share

1125R, Hadiah Ulang Tahun Buell

Prasetyo Adhi, Okezone · Selasa 18 November 2008 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2008 11 18 53 165298 PTsSCgORD1.jpg motorcycle.com

LOS ANGELES - Bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Buell Motorcycle Company mengumumkan telah memproduksi 125 ribu unit motor. Dan sebagai tanda perayaan hari jadinya itu, Buell meluncurkan 1129R 12 November lalu.

Erik Buell, pendiri Buell Motorcycle Company, yang dulunya merupakan engineer dari perusahaan Harley-Davidson, sudah membangun sebuah motor sejak 1983. Hasil karyanya saat itu adalah RW750, motor empat silinder pertama yang berhasil ia ciptakan. Motor ini mampu mencapai 40 horsepower hanya diputaran 500rpm saja. Motor yang sama juga pernah memenangi kejuaraan AMA Formula One Motorcycle. Tetapi produksi motor itu dihentikan seiring habisnya stok barang di pabrik Buell.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya Erik tak berhenti berkreasi membuat sepeda motor bergaya moge Amerika hingga lahirlah 1125R.

Buell 1125R memiliki tenaga mesin 1125cc V-twin DOHC dengan liquid cooled fuel injected, yang sudut kemiringan mesinnya mencapai 72 derajat. Kemiringan ini rupanya berpengaruh terhadap kinerja piston dan semburan gas buang. Sebagai pasokan udara bersih, motor ini memiliki desain radiator yang unik. Yaitu menyatu dengan tangki dan "moncongnya" diarahkan kesisi kiri dan kanan motor. Akibatnya temperatur mesin bisa tetap stabil meski di gas hingga 10.000rpm. Selain itu pengaturan buka tutup katup intake dan exhaust valves-nya diatur oleh sistem tersendiri.

Buell ini mampu berlari hingga 146 horsepower. Meski demikian Erik menjamin pengendara dan pembonceng tetap merasa nyaman akibat desain jok yang cukup tebal namun tetap memperhatikan aerodinamika.

Desain body sekilas mirip keluaran Aprilia dan Ducati. Meski begitu, desain saluran knalpot berbeda dari motor supersport lainnya. Knalpot tak menjulur hingga bagian belakang motor atau ngumpet di bawah jok penumpang. Tetapi Erik memangkas panjang saluran knalpot di sekitar daerah swingarm. Desain seperti ini tentu memudahkan motor berlabur warna putih itu mendapatkan tenaga sejak putaran bawah.

Di pasar Amerika, Buell 25th anniversary ini ditawarkan seharga USD11.995 atau sekitar Rp143 juta.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini