Share

Mobil Cepat Panas jika AC Hidup

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 18 November 2008 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2008 11 18 257 165374

Pertanyaan

Mobil saya Daihatsu Zebra 1.3 cc tahun 2003. Mau Tanya, kenapa temperatur mobil cepat naik (panas) kalau pake AC ya? Apa ada yang harus diperiksa?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terimakasih,

Ian, Jakarta

Jawaban

Kepada Yth,

Bapak/Ibu

Berikut penjelasan dari tim ERA kami.

Memang sering terjadi kendala untuk mobil-mobil yang letak mesinnya ada dibawah dan menggunakan AC, karena sirkulasi udara yang mengalir untuk pendinginan mesin sangat minim, apalagi ditambah apabila sistem pendinginan air-nya bermasalah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk masalah temperatur panas yaitu :

1. Sirkulasi air pendingin di radiator, biasanya ini yang paling sering terjadi. Bila radiator mampet (karena kisi-kisinya sangat kecil) sirkulasi air pendingin tidak sempurna. Apalagi bila ditambah beban AC. Coba lihat dari tutup radiator, apakah banyak kotoran yang menyumbat, bila ada maka radiator sebaiknya di service (dibersihkan).

2. Kebocoran (rembesan) air pendingin. Check selang-selang dan pipa di saluran pendingin.  Apakah ada bocor atau rembes, karena bocor kecil saja mempengaruhi kinerja sistem pendinginan, apalagi untuk mobil yang letak mesinnya di bawah.

3. Thermostat pada saluran pendingin. Thermostat berguna membuka saluran pendinginan bila temperatur sudah mencapai suhu kerja mesin yang ideal. Bila thermostat tidak bekerja maksimal maka sirkulasi air pendingin tidak sempurna.

4.  Letak kondensor AC dan radiator yang berdempetan. Untuk mobil dengan mesin dibawah letak radiator dan kondensor agak berdekatan, sehingga panas yang dihasilkan kondensor mempengaruhi kerja radiator. Banyak yang mengakalinya dengan menjauhi letak kondensor AC atau dapat juga dengan menambah extra fan pada radiator.

Demikian jawaban kami semoga dapat membantu Anda.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini