Share

Mesin Mobil Tidak bertenaga, Kenapa ya?

Senin 12 Mei 2008 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 12 87 108389 1k2NbiyMJn.jpg

Saat digunakan, seringkali mesin mobil terasa kurang bertenaga. Penyebabnya bisa banyak faktor, namun kondisi fuel filter yang kotor patut dicurigai sebagai penyebab.

Alasannya, saringan bensin rentan tertutup endapan dari bensin sehingga suplai untuk pembakaran akan terganggu. Karena itu, fuel filter perlu dibersihkan secara berkala. Biasanya setiap jarak tempu kendaraan 5.000 km. Sementara untuk menggantinya, lakukan setiap 10.000 km.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penggantian perlu dilakukan rutin mengingat bahan dasar saringan bensin adalah kertas. Di kertas inilah terdapat pori-pori untuk menyaring bahan bakar. Lama kelamaan pori-pori tersebut kian rapat sehingga bahan bakar sama sekali sulit menembusnya.

Memeriksa dan mengganti saringan bensin akan lebih ringan ketimbang memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan bila fuel filter tidak bekerja dengan baik. Sebagai saringan, peran saringan bensin bagi kerja mesin sangat besar. Komponen ini dapat menghentikan kotoran dan air yang mungkin terkandung dalam bahan bakar.

Jika sringan bensin tidak ada, material perusak itu dapat menerobos ke sistem pembakaran. Dampaknya pembakaran tidak sempurna karena bahan bakar bisa saja mengandung banyak air. Emisi gas buang pun tidak ramah lingkungan. Kedua, kandungan air atau kotoran yang ada di bahan bakar juga bisa mengakibatkan kerusakan (keausan) pada komponen-komponen yang dilaluinya. Misalnya, karat pada dinding-dinding cylinder block. Bila keausan ini terjadi, akan memicu kebocoran pada ruang bakar.

Perlu diperhatikan juga kondisi tangki bensin. Bensin berwarna kuning berkarat, biasanya disebabkan oleh tangki bahan bakar yang kotor. Hal ini disamping karena umur, bisa juga disebabkan tangki pernah dibongkar dengan las karbit atau dicuci dengan air. Untuk member­sihkan tangki yang kotor seharusnya pakai bensin. Tangki bensin yang sering kali diisi tidak penuh, memiliki kemungkinan bercampur dengan air sangat besar. Ini dikarenakan udara dalam tangki saat malam hari dapat menghasilkan embun atau titik-titik air sehingga dapat membuat tangki berkarat. (diolah dari berbagai sumber)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini