Ternyata Ada Mobil Lebih Murah dari Tata Nano

Selasa, 19 Februari 2008 13:37 wib | Anton Suhartono - Okezone

BENGAL - Predikat mobil termurah tidak akan disandang Nano lagi. Pasalnya, pabrikan kendaraan India Tara, akan memperkenalkan mobil listriknya bernama Tiny. Mobil tersebut, dijual seharga 99.999 rupee atau hanya 1 rupee lebih murah dari Nano.

Tara International, merupakan bagian dari perusahaan Bengal Enamel. Untuk mengembangkan mobil ini, Tara menggandeng perusahaan asal China, Aucma. Perusahaan ini termasuk pemain komponen mobil listrik terdepan di China.

Kendaraan berkapasitas 4 tempat duduk tersebut, dapat melaju dengan kecepatan antara 50 hingga 70 km/jam. Nilai efisiensi sangat terasa karena digerakkan sepenuhnyadengan listrik. Apabila di-uang-kan, setiap kilometer, Tiny memerlukan biaya 30 hingga 40 paisa atau sekiria 0,35 rupee (1 rupee = Rp230). Rencananya Tiny akan diluncurkan dalam 4 hingga 5 bulan ke depan.

Selain Tiny, Tara juga berencana memperkenalkan 3 kendaraan listrik lainnya, yaitu Tara Titu, Micro, dan Mini.

"Saat ini, kami baru mengaplikasikan listrik pada kendaraan penumpang. Ke depan kami juga akan memproduksi bus listrik," ungkap Tara Shankar Ganguly, pimpinan Grup Tara seperti dikutip Economic Times, Selasa (19/2/2008).

Sebesar 60 sampai 70 persen komponen mobil listriknya berupa completely knock down (CKD) dari Aucma. Sisanya merupakan produksi lokal. Tara International memiliki pabrik perakitan di daerah Palta, dekat Kolkata.

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »