Share

Pasar Sepeda Motor Belum Jenuh

Whisnu Bagus , Sindo · Jum'at 30 November 2007 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2007 11 30 53 64902

JAKARTA - Tingkat kepadatan (density) sepeda motor di Indonesia sebesar 1:7 dengan volume 4,8 juta unit pada 2007 dinilai belum jenuh. Pasar dalam negeri diprediksi mencapai puncak jika jumlahnya 7 juta unit pada 2011.

"Permintaan pasar domestik terus meningkat, dan akan mencapai peak-nya sekira 4 tahun lagi," kata Dirjen Industri Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian (Depperin) Budi Dharmadi di sela acara "Produksi Motor Honda ke-20 juta" di Jakarta, Jumat (30/11/2007).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Budi mengatakan, penjualan sepeda motor pada 2007 diperkirakan mencapai 4,8 juta unit, dan akan mencapai puncaknya sekira empat tahun mendatang atau mencapai 7 juta unit per tahun. Kondisi ini membuka peluang bagi para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk meraih margin keuntungan sekaligus membuka pasar. "Siapa yang memproduksi lebih baik dengan berbagai layanan purna jualnya, maka dia yang akan meraih sisa pasar yang masih 2 juta unit," ujarnya.

Budi mengatakan, di tengah persaingan global sebaiknya para ATPM mengembangkan produk yang kreatif dan inovatif secara konsisten dan berkelanjutan. Salah satu caranya dengan memfokuskan pengembangan sumber daya manusia (SDM). "Ini bertujuan agar produk kita lebih kompetitif di pasar lokal maupun internasional," katanya.

Menurut Budi, pasar sepeda motor dalam negeri diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dipicu dengan membaiknya kondisi perekonomian nasional yang ditandai dengan naiknya daya beli masyarakat.

Selain itu, kinerja lembaga pembiayaan yang semakin ekspansif turut memicu pertumbuhan tersebut. "Sekarang 90 persen penjualan motor dari pembiayaan dengan kredit mudah," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Miki Yamamoto mengatakan, pencapaian produksi 20 juta unit Honda merupakan prestasi yang menggembirakan. "Ini hal yang bersejarah bagi industri motor kita, di mana pencapaian ini merupakan yang pertama di Indonesia sekaligus di Asean," katanya.

Sementara Chairman & Representative Director Honda Motor Co Ltd Satoshi Aoki menyatakan bangga atas keberhasilan AHM memproduksi sepeda motor Honda di Indonesia. Dengan keberhasilan ini kata dia, menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar terbesar ketiga di dunia, setelah China dan India.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini